Welcome to my blog, visit other blog at wordpress :D


More Goodies @ NackVision

Menjawab postingan: "5 Years vs 2 Hours"

29 November 2010

       Hari Rabu tanggal 24 November 2010 bertempat di Ruang Seminar Dr. Roza Sjamsoe'oed pukul 14.20 akhirnya saya disidangkan atas 5 tahun "keberadaanku" di kampus MIPA Unsyiah.
       Selama kurang lebih 1 jam 15 menit saya berusaha menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para penguji serta pembimbing (merangkap penguji) atas apa yang telah saya kerjakan dan atas tulisan dalam laporan skripsi yang mereka-mereka pegang menyangkut penelitian saya.

oya, back to posting sebelumnya dulu dikit ya, tentang suasana dalam ruang saat sidang :D :
       Siang-malam terus terbayang akan situasi saat sidang, duduk manis di depan para pembimbing serta penguji, dengan sebuah meja yang bertempatkan setinggi pinggang dengan kumpulan kertas di atasnya, memegang sebuah spidol untuk menuliskan berbagai jawaban secara matematika atas pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh mereka-mereka  yang berada di depan pandanganku. Jantungku yang berdetak kencang, tangan terus menggenggam spidol yang mulai kusam warna putih isolasinya. Aku harus tetap berkonsentrasi untuk menanggapi dan menjawab semua tantangan.

       Ya, ternyata situasi yang saya prediksikan itu hampir 100% benar, hanya saja tentang "jantungku berdetak kencang" itu yang tidak berdebar kencang, tapi masih tetap berdetak (kalau gak berdetak lagi, berarti udah "Game Over" dong saya, :D).
       Dengan lagi pertanyaan yang diajukan terus menerus menyambung satu sama lain, dari pertanyaan ke pertanyaan saling ada keterkaitan antara satu dengan sebelumnya. Hampir dari keseluruhan pertanyaan itu bertuju pada satu pokok bahasan, pada satu kelompok besar, yaitu tentang Matrik.
       Ya, si Matrik, karena penelitianku dalam klas Data Mining tentang: 
"Pengelompokan dokumen teks dengan menggunakan k-means dan Singular Value Decomposition (SVD) pada Data Blog"

       Ini menyangkut dengan ruang lingkup dari pembahsan matrik, mulai dari perubahan kata-kata (terms) yang terdapat dalam setiap dokumen sampai mengelompokan dokumen-dokumen tersebut ke dalam kelompok-kelompok (cluster) nya masing-masing ditinjau dari kedekatan frekuensi kata (term) dalam dokumen. Dokumen-dokumen dalam cluster yang sama (intra-cluster) memiliki derajat kesamaan yang tinggi, sementara dokumen-dokumen dalam cluster yang berbeda (inter-cluster) memiliki derajat kesamaan yang rendah. (Loh, kok udah bercerita tentang penelitan yang saya lakukannya, hehe :D)
       Penelitian ini sudah terpublikasi  dan masuk dalam prosiding pada tanggal 12 Desember 2009 dalam acara Seminar Sistem Informasi  Indonesia 2009(SESINDO2009)  di Kampus ITS, Surabaya [PDF].
       Intinya, dari keseluruhan penelitian saya berkaitan dengan matrik. Jadi, wajar kalau semua penguji pada saat itu (penguji & pembimbing) mempertanyakan tentang pemahaman saya mengenai matrik yang ada keterkaitannya dengan penelitian dan materi yang saya dapati ketika duduk dibangku kuliah.
       Selama durasi saya disidangkan Alhamdulillah pernyataan-pertanyaan itu tercover dengan baik, mencoba menjawabnya dengan santai, berusaha to the point, walau terkadang juga gugup (takut salah :D).
       Setelah semua pertanyaan itu berakhir saya diharap menunggu diluar ruangan, karena para pemberi nilai akan segera berembuk untuk memberikan nilai akhir atas TA dan jawaban yang saya tadi. Kemudian, setelah kurang lebih 10 menit saya menunggu ditemani oleh segenap kawan-kawan yang ikut menanti dan menjadi saksi pada pengumuman nilai, dipersilahkan masuk kembali dalam ruangan untuk mengikuti prosesi akhir dari sidang saya waktu itu.
       Akhirnya diumumkan, dan ketika diumumkan, dengan pengucapakan oleh ketua tim penguji, “dinyatakan Lulus dengan nilai 88,x dengan kategori A” seraya suara tepuk tangan dari kawan-kawan yang menyaksikan ikut memeriahkan prosesi dari ending persidangan waktu itu.
       Penantian itu kian berujung pada harapan akan hasil yang baik dan terjawab pula dengan sangat baik.
       Alhamduillahi rabbil ‘alamin (kata-kata pertama yang terucap dari mulut seorang hamba yang seraya memohon pertolongan pada Sang Pencipta).
       Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya hingga saya dintayakan lulus dengan TA masuk dalam kategori  A.
       Danke schön, Du bist ja echt nett!

0 comments: